Rabu, 01 Oktober 2014

Mengungkap Tabir Tegal Panjang

Hallo... Nama saya Dainty Ratnasari Founder dari drbear.co sebuah usaha yang bergerak dalam bidang "Customized TEDDYBEARS", masih kecil sih.. tapi drbear.co akan segera menuju kepuncak comingsoon!! Sekalian check IG drbear.co Nya dear.. *JiwamarketingGaBisaIlang hehehe ^^
Hari ini saya ingin mencoba peruntungan lain dengan menulis blog!! Ini tulisan dan postingan pertama saya yang di tambah hobby baru saya di tahun ini..
Kita mulai.. Bismillahirohmannirohim....................................................

Weekend kemarin tepatnya tanggal 27 dan 28 September 2014, hari sabtu dan minggu.. Saya mencoba pengalaman baru untuk mendaki gunung papandayan di garut! Sebelumnya saya belum pernah sama sekali kemping, bahkan kemping disekolahan saat pramuka atau dimanapun saya belum pernah mencoba. Ini benar-benar pengalaman pertman saya mendaki, berpetualang, dan kemping dialam bebas.... Makannya saya anggap ini petualangan harus saya abadikan dan dikenang melalui blog ini! :))

Tujuan saya mendaki gunung papadayan di garut yaitu, saya ingin mengunjungi Tegal Panjang, padang savana seluas 46.831 hektar. Terletak di Pangalengan Kabupaten Garut dengan dikelilingi gunung-gung besar disekitarnya, diantaranya disebelah Utara terdapat Gunung Kondang, disebelah Timur terdapat Gunung Jaya, disebalah selatan terdapat Gunung Puntang dan Gunung Papandayan. 

Kata orang-orang tegal panjang bagus.. saya browsing di google buat cari tau tegal panjang foto-foto yang saya liat juga sih bagus makannya saya mengiyakan untuk ikut berpetualang. Setelah saya datang dan melihat langsung padang savana yang super gede dan luas bangett ternyata bukan cuman bagus sob.. bagusssssssssssssssssss bangetttttt subhanaullooh... salah satu ciptaan Allah yang paling prfecet menurut saya... hehehe


Ini view yang pertama kali saya liat setelah hampir 3jam di dalam hutan
Foto di ambil oleh Sandra Aulia sekitar pukul 17.30wib
(Kaya yang ada di film LionKing yaa?! Film kartun anak-anak gitu.. ada 2 pohon besar dan padang savananya)

Untuk mencapai Tegal Panjang kita harus menempuh gunung bebatu, kawah papandayan, sungai, jalan setapak yang naik turun dan curam karena sebelah kirinya jurang, memasuki semak belukar, hutan yang tak ada ujung *kata saya! karena saking lamamya kita di dalam hutan itu.. hehehe
Total-total perjalanan untuk sampai Tegal Panjang itu saat pergi sekitar 5,5jam sudah berikut istirahat sholat dan makan siang plus berenti2 dtengah2 perjalanan untuk atur nafas. Oh iya.. Kita start pukul 12.00wib di kaki gunung papandayan desa cisasurupan garut. Sampai Tegal Panjangnya pukul 17.30wib. Termasuk cepat untuk keberangkatan pemula, karena menurut guide kita, kita dprediksi menempuh waktu 6jam untuk sampai tegal panjang. Tapi saat pulangnya kita menempuh waktu 6jam start jam12 siang juga sampai bawah pukul 18.00 wib.

Banyak hal yang saya temukan saat perjalanan menuju tegal panjang. 15menit pertama kita berjalan.. saya hampir giveup!! karena tidak kuat menanjak, panasnya cuaca dan berjalan di dekat kawah papandayan membuat saya hampir menyerah dan sempat berfikir untuk kembali pulang dan membatalkan pendakian. Tapi ketua tim kita dan rekan-rekan saya yang lain menyemangati saya terus, agar saya terus maju melangkah. Tanpa di sadari ternyata saya sudah berjalan 1jam dan sampai lah diwarung bu ai. Saya tidak menyangka di atas gunung seperti itu tiba2 ada sebuh gubuk dan itu warung. Ai adalah anaknya penjaga warung yang berusia 3thn tapi kita menjuluki warung itu sebagai rest area 1 warung bu ai..


Rest area 1, Warung bu ai
Foto di ambil oleh uwa (Ketua team) Pukul 13.00wib

Diwarung itu sudah berkumpul teman-teman saya yang telah sampai duluan, kita beristitrahat sekitar 10menitan lalu kita mulai berjalan lagi.. Ga bohong deh.. Gunung papandayan tuh manjain mata kita terus dari awal naek. Sepanjang jalan kita di sodorin pemandangan-pemandangan yang super indahnya juga.



Selangkah demi selangkah tapi PASTI !!!
Tekad dan Keinginan yang lebih kuat untuk sampai
Lelah dan letihpun kita hiraukan




Setelah berjalan kurang lebih 1,5jaman sampai lah kita di post 2. Kita sholat dzuhur dan ashar, beristirahat kurang lebih 30menitan.





Post II 
(Pertigaan ke kiri pondok saladah / puncak papandayan, Lurus pangalengan, Kanan Tegal Panjang yang terlarang Woooww...)

Tidak semua pendaki di izinkan untuk berkemah di tegal panjang, maka kita harus melewati beberapa birokrasi yang bertele-tele karena perjalanan menuju tegal panjang kita bakal memasuki hutan lindung, dan masih banyak binatang buas, tacknya pun masih curam. Maka membutuhkan guide untuk menyusuri hutan itu. Tetapi tidak jarang banyak sekali pendaki yang nekat masuk tanpa izin. Saking ingin menuntaskan kepenasarannya akan TEGAL PANJANG!!








Suka duka di dalam hutan
Ketemu burung kecil khas tegal panjang yang bunyinya lucu banget ngiringin kita jalan tapi ga sempet di foto :((

Setelah cukup lama di dalam hutan.. dan hampir ketakutan nyasar.. karena kalau yang saya perhatikan suasananya itu-itu saja yang dilewati. tapi di balik hutan lindung yang tak berjung itu... ada sesuatu yang sangat indah... surga tersembunyi... dari dalam hutan kita sudah melihat hamaparan kuning terbentang dari kejauhan.. kita mulai mempercepat langkah dan hampir lari-lari kecil.. kita melewati turunan yang sangat curam laluuu.... eeeengggg iiiinggg eeenggggg................................

WELCOME TO TEGAL PANJANG
Surga Tersembunyi di balik Gunung Papandayan








Tegal Panjang Kami datang..
Tegal Panjang Kami belajar..
17.00-17.30wib

Tenda yang orange2 itu bukan tenda kami, tenda kami di sebelah kanannya aga naik dilindungi oleh perpohonan besar. Kata guide kami disana paling aman dan hangat. Tapi ada cerita yang mengerikan ditempat kita membuat tenda. Kata guide kita ini cerita nyata yang mereka alami saat pertama kali mendaki ketegal panjang tahun 2007 (tapi maaf ceritanya ga bisa saya publiss biarkan kami dan para mapala dari uniga yg mengetahuinya!)




Perjalanan menuju temapat kem dan suasana tempat kita mendirikan tenda

Oh iya.. for more information.. Kita beranggotakan 14 orang terdiri dari 8orang pria dan 6 orang wanita:
  1. Uwa (Ketua team.. berkumis dan berumur paling tua diatara kita semua)
  2. Om Kiwil *nama aslinya siapa yaa.. hmmmm lupa hehehe (dia bagian pembuka jalan menuju tegal panjang, doi jalannya selalu terdepan membawa carier yang paling berat dan besar) 
  3. Alex yang sebenernya namanya Tangguh tapi kebagusan katanya jdi org2 manggilanya ALEX (lAki2LEutiX *julukan yg dkasih uwa, soalnya alex tangan kanannya uwa bgt hehehe)
  4. Lana (Chef handal kita, walau cowo tapi doi jago masak.. pasakan-pasakannya enaka koo.. walau cara memasaknya aga sedikit jorok dan kurang higenis tapi ya sudahlah.. namanya juga dgunung harap maklum hehehe )
  5. Andri (Ketua Logistik apapun yang lo butuhin,,apapun yg lo mau.. cukup tinggal bilang aanndriiiii... diceriernya udah kaya idomart berjalan segala macem ada dari mulai obat-obatan sampai lapis legit,dodol garut,bala-bala adaa di dalem tasnya)
  6. Pacarnya Andri *baru kenalan dperjalanan dan lupa namanya (doi jagoan bgt deh.. doi nyusulin kita jalan kaki sendirian dari kaki gunung sampe post 2) 
  7. Ozay/Dewa Api (Spesialis nyalain dan matiin api unggun + kompor + motong2 kayu + bakar sampah liat sampah dikit ajh instingnya langsung kumpulin kayu nyalain api trs langsung dbakar tanpa basa basi. Orangnya pendiem bgt selama 2hari brg2 bisa di itung lah dia ngeluarin kata2 apa ajh.. ahahhaa)
  8. Tina/Mamih (Adenya uwa yg lagi hamil 2bulan anak ke2nya. doi ngidamnya naek gunung makannya ikut ke tegal panjang berserta suaminya. Kren beneeer bumil yg satu nih..)
  9. Ayah *baru kenal.. jdi lupa nama aslinya hehe (suaminya mamih sekaligus ade iparnya uwa)
  10. Akbar (Fotografer profesional yg kegunung bawa peralatan foto seabreg2 sampe bela-belain nyewa lesa white Rp.250.000 saking kepengen ngefoto milkyway!Tapi liat ajah dari tadi hasil foto-fotonya.. ga ada yg meleset deh.. dapet semua! ga sia2 dia nyewa dan ngangkut berat2 perlengkapan fotonya)
  11. Sandra Aulia (Temen kampus saya bahkan sekelas dan dia juga yg ngajakin saya buat ikut naik gunung ini)
  12. Wilda (Temen SMA sandra)
  13. Naila dipanggilnya nay (Temen SMA sandra juga)
  14. Dan saya sendiri DAINTY RATNASARI (Pendaki pemula yg ingin lagi mendaki !!)


Tegal Panjang mengajarkan saya banyak hal.. segala macem yg belum pernah saya tau dan alamin saya dapat di tegal panajang.. dari mulai sejarah gunung papandayan, cara nyalain api unggun, cara masak dihutan, sampai cara melindungi diri dari babi hutan. hahaha yang paling penting sih.. saya belajar cara lebih menghargai proses hidup!! 




Lagi menunggu milkyway di padang savana sekitar pukul 21.30wib
kedinginan dan mampir ke tenda rombongan yg ngakunya dari jagodetabeg tapi logat-logatnya jowo abisss.. ahahaha ibu2 dari rombongan ini udah pada tidur, tinggal bapa-bapanya yang lagi pada siaga 1 jaga babi hutan. Tapi bapa-bapa ini baik-baik ko.. selama kita dsana kita dikasih cireng yg masih anget, senangnyaaa... hehehe

Milkyway 22.00wib Tegal Panjang


Milkyway.. 
Suhanaulloh... baru saya melihat bintang2 seindah ini..

Suasana Subuh jam 05.00wib
suhu mencapai 10'C

Menunggu Sunrise

Sungguh besar karuniaMu..
Sungguh Indah pula CipataanMu ALLAH


Dari jam 18.00 suhu dsana mulai menurun dari mulai 18'C sampai suhu terekstrim ditegal panjang mencapai 8'C di jam 03.00wib. *Ga bisa tidur semaleman!!! hmmmmm


Baru rasanya ini terjadi..
Mengenal kalian..
Mengenal Alam...
Tak bosan rasanya saya untuk mengaguminya...

Kesempatan seperti ini tidak akan dapat dibeli !! 



Bersama Kalian saya habiskan waktu 
Senang dapat Mengenal Kalian
Rasanya semua begitu sempurna
sayang sekali untuk mengakhirnya..
secepat ini..



   

Melawan Keterbatasan yang ada.. walau sedikit kemungkinan.. Takan menyerah.. Hingga sedih dan air mata tak mau datang lagi...
Besama Kalian saya belajar.. Bersama Kalian saya berpetualang.. Bersama Kalian saya Tertawa..
Melupakan sejenak penat dihati dan pikiran ini..
Tetaplah seperti ini.. Tetaplah seperti ini...  Tetaplah seperti ini..
Jangan berganti !!!

TEGAL PANJANG.............................................




Tuhan.. Negri ini indah sekali..
Negriku Indonesia...
Tuhan.. Sungguh Indah ciptaanMu...
Bantu kami menjaganya tuhaan...
TEGAL PANJANG


02oktober2014 (02.10AM wib)
DaintyRatnasari









18 komentar:

  1. Jd pengiiin...juragan boneka panda trnyata..hehehe

    BalasHapus
  2. selamat malam,saya ingin bertanya kalau masuk tegal panjang butuh perizinan sejauh apa?dan untuk guide bisa langsung di sewa di basecamp kah?terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo caxicas blog.. Kita menyewa guide dari mapala universitas garut org asli sana jadi perizinan mereka yg urus.. Kita hanya membanyar kemereka dan kita tau beres.. Coba hub mapala uniga.. Setau sya guide ga bisa dadakan. :))

      Hapus
  3. Mba danty numang nanya. .
    Itu akhir nya bisabke tegal panjang gimana cara nya..
    Pdahal td di bilang kalo birokrasi nya ribet ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita dbantu dari mapala uniga mas... Coba hub mereka untuk tau lebih lanjut

      Hapus
    2. Kita dbantu dari mapala uniga mas... Coba hub mereka untuk tau lebih lanjut

      Hapus
    3. cara hubungin uniga gimna dainty??

      Hapus
  4. Boleh minta cp nya!!!Dainty Ratnasari

    BalasHapus
  5. Ini blog masih aktif ga ya? Yang nanya ngga ada yg dijawab,,,,

    BalasHapus
  6. ceritakan dong....Kata guide cerita nyata yang mereka alami saat pertama kali mendaki ketegal panjang tahun 2007 ( publikk kan )

    BalasHapus
  7. NANYA DONG.. Untuk mendapatkan SIMAKSI Ke tegal panjang bisa dapat dimana dan bayar berapa (SIMAKSI + GUIDE )

    BalasHapus
  8. Cagaya besar yg dibawah waktu malem itu apa ya Mbak. Dainty???? Kayak konser,,,? :D

    BalasHapus
  9. ajak2 dong kalo ngetrip lagi mba..

    BalasHapus
  10. Cara sewa guide gimana mba ?

    BalasHapus
  11. tegal panjang kawasan konservasi dan dilindungi. Seharusnya tidak boleh masuk dari papandayan.

    BalasHapus
  12. Ya sayang sekali karena itu kawasan konservasi dan dilindungi, seharusnya kita tidak kesana,,ihk...hik...tapi pingin kesana

    BalasHapus